expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Minggu, 22 April 2012

Tulisan Aspek Hukum Dalam Ekonomi : PERMASALAHAN EKONOMI MAKRO


Nama   : Sartika Sari Dewi 
NPM     : 202.07.998
Kelas    : 2-EB-16

ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI

 PERMASALAHAN EKONOMI MAKRO, PENYEBAB SERTA SOLUSINYA

Masalah Distribusi Beserta Dampaknya Terhadap Harga Barang Dan Kelangkaan.
1.     PENYEBAB
Jalur distribusi barang dan jasa yang panjang akan mengakibatkan tingkat harga barang menjadi tinggi dan mahal ketika sampai ke tangan konsumen. Untuk itu, beberapa upaya telah dilakukan oleh pemerintah atau swasta untuk memperpendek jalur distribusi sehingga harga barang ketika sampai ke tangan konsumen tidak mahal. Misalnya, PT. Coca Cola Indonesia melakukan distribusi barang melalui lebihdari 120 pusat penjualan di seluruh Indonesia dan didistribusikan langsung melalui ke pedagang eceran (80% pengecer) dan grosir dan 90% masuk kategori usaha kecil. Agar barang atau jasa yang di hasilkan dapat sampai kepada orang yang tepat, dibutuhkan sarana dan prasarana distribusi yang baik.
Selain kegiatan ekonomi tersebut, dalam ekonomi dijelaskan pula tentang adanya sifat manusia yang tak pernah puas. Yaitu, melalui hukum Gossen I yang intinya menyatakan bahwa tingkat tambahan kepuasan manusia terhadap sebuah barang atau jasa akan bertambah turun seiring dengan semakin seringnya barang atau jasa tersebut dipergunakan.
Dalam teori lain tentang ekonomi, disebutkan pula bahwa masalah pokok ekonomi adalah masalah kelangkaan. Kelangkaan berarti tidak tersedianya barang atau jasa yang dibutuhkan manusia, bisa juga jumlah barang atau jasa yang tersedia tidak sebanding dengan tingkat pertumbuhan manusia. Dalam ilmu ekonomi juga disebutkan bahwa semakin sedikit atau langka jumlah barang atau jasa, harga (pengorbanan untuk mendapatkannya) akan semakin tinggi pula. Maka tak mengherankan bila barang-barang yang sulit didapat menjadi melambung harganya.
Penyebab kelangkaan barang Penyebab barang atau jasa menjadi langka adalah karena 2 hal, yaitu penyebab alami dan penyebab yang tidak alami. Penyebab alami maksudnya adalah kelangkaan barang yang disebabkan oleh faktor alamiah, misalnya bencana alam yang membuat barang-barang menjadi banyak yang hilang atau rusak sehingga ketersediaan barang berkurang. Hal ini wajar dan tak menjadi masalah.
Yang menjadi masalah adalah penyebab yang tidak alami atau karena perilaku manusia. Penyebab ini jelas-jelas disengaja dan jelas-jelas pula merugikan pihak lain. Kenyataannya, penyebab karena ulah manusia inilah yang merupakan penyebab utama masalah pokok dalam ekonomi. Coba saja lihat beberapa contoh tindakan merugikan berikut ini.
  • Keserakahan dan tidak pernah puas akan kepemilikan terhadap suatu barang atau jasa, seperti yang telah diungkapkan dalam hukum Gosen I. Akibatnya, beberapa kelompok menjadi sangat kaya karena eksploitasi besar-besaran, sedangkan kelompok lain memiliki keadaan sebaliknya.
  • Adanya ketakutan kelangkaan suatu barang yang suatu saat akan terjadi menyebabkan banyak orang menimbun barang dengan sengaja. Akibatnya, terjadilah kelangkaan.
Jadi, masalah pokok ekonomi yang sebenarnya adalah “kelangkaan” barang atau jasa bukan disebabkan oleh keadaan, melainkan oleh ulah manusia sendiri. Jangan pernah menyalahkan keadaan atas tragedi atau musibah yang menimpa.
2.     Dampak dengan adanya permasalahan ekonomi
Dengan semakin banyaknya permasalahan ekonomi yang timbul di sekitar kita, maka hal ini dapat menimbulkan berbagai dampak yang kurang baik. Diantara dampak yang begitu banyak, salah satu dampak yang amat sering kita rasakan adalah adanya kenaikan bahan pangan yang semakin melambung seperti kenaikan harga cabai di pasaran yang sudah tidak dapat dijangkau lagi oleh orang-orang kecil.
Kenaikan harga cabai yang melambung berdampak terhadap perekonomiaan masyarakat, karena cabai merupakan suatu komoditas yang dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat walapun bukan merupakan komoditas utama. Tetapi ironisnya, kenaikan harga cabai tersebut tidak berdampak terhadap kenaikan penghasilan para petani cabai. Oleh sebab itu, perlu ada pengaturan tata niaga oleh pemerintah. Kenaikan cabai belakangan juga berdampak pada komoditas utama seperti beras, yang harganya melambung cukup tinggi disertai denga bahan pokok lainnya.
Kenaikan harga tersebut tidak semata-mata disebabkan oleh tata niaga yang kurang baik tetapi juga karena pengaruh perubahan cuaca yang berakibat karena musimnya yang tidak beraturan, juga karena pengaruh musibah bencana alam seperti banjir, dan musibah-musibah lainnya. Sementara itu, pengaruh perekonomian dunia juga berdampak cukup besar terhadap tingkat perekonomian nasional misalnya jatuhnya pemerintahan di beberapa negara di wilayah timur tengah dan wilayah afrika utara yang memicu tingkat keamanan internasional dan kenaikan harga minyak dunia yang sebagian besar disuplai oleh kawasan negara-negara yang disebutkan diatas. Ini semua berpengaruh terhadap tingkat produksi yang merupakan salah satu faktor utama ekonomi.
Permasalahan lain adalah masalah distribusi atau penyaluran produk-produk ekonomi karena tidak meratanya jalur distribusi misalnya produk-produk ekonomi yang pembagiannya tidak menyebar ke seluruh wilayah baik itu pada wiayah perkotaan maupun wilayah pedesaan. Sarana-sarana distribusi dan transportasi banyak mengalami hambatan misalnya terganggunya jalur tersebut misalnya alat transportasi yang belum memadai. Contoh nyatanya adalah dengan terganggunya jalur distribusi maka akan terhambatnya pengiriman bahan pokok dari pulau Jawa ke pulau Sumatera atau sebaliknya dimana jalur penyeberangan terganggu sampai beberapa jam karena faktor yang tidak diharapkan.
Sementara pada kota-kota besar kemacetan lalu lintas semakin parah sehingga dengan sendirinya akan mengganggu aktivitas kegiatan sehari-hari dan jalur distribusi pada konsumen langsung. Kemacetan ini berdampak pula terhadap ekonomi harga tinggi karena harus banyak pengeluaran yang tidak direncanakan. Pungutan-pungutan liar di jalan raya maupun jalur distribusi juga akan meningkatkan biaya pengeluaran yang besar yang tentu saja akan berdampak pada kenaikan harga yang akan membebani konsumen.
Tingkat konsumsi dipengaruhi dengan tidak seimbangnya suplai demand yaitu jumlah permintaan yang besar tidak diimbangi dengan tingkat penyediaan dan produksi yang tinggi. Hal ini terutama disebabkan oleh pertumbuhan penduduk yang berkembang seperti deret ukur, sementara tingkat pertumbuhan produksi berkembang seperti deret tambah. Oleh sebab itu, perlu adanya pembatasan jumlah penduduk, sementara disisi lain perlu adanya peningkatan sektor-sektor produksi yang misalnya dilakukan dengan memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada investor baik dalam maupun luar negeri untuk menanamkan modal demi untuk meningkatkan sektor produksi. Kemudahan perizinan dan pemberian keuntungan bagi investor untuk menanamkan modal akan mempunyai nilai tambah dan animo bagi investor untuk meanamkan modal di negara ini.
3.     Usaha mengatasi permasalahan ekonomi
Dengan melihat beberapa faktor ekonomi dan masalah perekonomian serta dampak dari masalah tadi, maka usaha yang perlu dilakukan diantara lain adalah perlu adanya campur tangan dari pemerintah atau dari negara sebagai legulator untuk dapat menumbuhkan perekonomiaan nasional. Pengaturan-pengaturan dan tata niaga perlu dilakukan sehingga tidak terjadinya monopoli atau penguasaan secara tunggal oleh kelompok tertentu. Peran pemerintah juga sangat diperlukan dalam kemudahan dan kecepatan dalam menerbitkan perizinan kepada para investor untuk menanamkan modal dan menciptakan sektor produksi secara nasional.
Jalur transportasi juga perlu ada pembenahan sehingga suplai produksi kepada konsumen akan berjalan lancar. Akses jalan mudah dijangkau baik untuk pengiriman di lingkungan dalam negeri maupun pengiriman barang untuk ekspor menjadi lancar. Selain kelancaran tadi, juga perlu adanya perbaikan-perbaikan jalan yang merata dan pengaturan moda transportasi agar tidak terjadi kemacetan.
Pemerintah juga perlu menjamin keamanan secara nasional yang akan menumbuhkan iklim produksi untuk menanamkan modal atau berinvestasi ke negara kita. Stabilitas keamanan dan politik mutlak diperlukan untuk menjamin para investor dalam bertindak di negara kita.
Pembatasan jumlah penduduk melalui program keluarga berencana perlu dicanangkan kembali agar ledakan penduduk dapat dieliminalisir karena dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia akan berdampak pada perkembangan dan kemajuan perekonomiaan nasional bila tidak dikurangi dari segi jumlah dan ditingkatkan dari segi kualitas. Memang dengan jumlah penduduk yang besar, apabila dapat dimanfaatkan dan dioptimalkan akan menjadi sumber dan dorongan utama dalam proses pertumbuhan perekonomian, tetapi sebaiknya dengan jumlah penduduk bila tidak ditingkatkan dari segi kualitas juga akan berdampak negatif. Oleh sebab itu, peningkatan kualitas sumberdaya manusia perlu dilakukan baik dalam pendidikan formal maupun pendidikan informal secara teknis. Demikian secara garis besar artikel ini dibuat mengenai permasalahn ekonomi, sektor-sektor-sektor ekonomi, dan pemecahan permasalahan ekonomi secara nasional.

1 komentar:

  1. Selamat datang di S128Cash Situs Betting Online Terbaik dan Terpopuler 2020.
    Disini kami selalu mengutamakan Kenyamanan dan Kepuasan para member.
    S128Cash juga menyediakan berbagai Bonus, seperti :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !!

    Hanya dengan bermodal Rp 25.000,- Anda sudah bisa menikmati semua permainan yang tersedia, yaitu :
    - Sportsbook
    - Live Casion
    - Sabung Ayam Online
    - IDN Poker
    - Slot Games Online
    - Tembak Ikan Online
    - Klik4D

    Perlu Anda ketahaui S128Cash juga menyediakan deposit via PULSA, OVO dan GOPAY. Ini sangat membantu !!
    Jadi apa lagi yang Anda tunggu? Segera daftarkan diri Anda bersama kami.
    Hubungi kami :
    - Livechat : Live Chat Judi Online
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.biz

    Judi Bola

    Judi Bola 123

    BalasHapus

..WeLCome to My Space..

I want to wholeheartedly and sincerely in the acceptance of giving .. to provide the best for all people including those who hate me .. to respond to live wisely .. I started here ..