expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 05 Januari 2011

DPR Tekankan Fungsi GCG dan Pengawasan dalam Uji DGS BI

Sumber : http://www.detikfinance.com/read/2009/05/11/085422/1129252/5

Oleh : Irna Gustia - detikFinance

Jakarta - Dua kandidat deputi gubernur senior Bank Indonesia Darmin Nasution dan Gunarni Soeworo akan diuji oleh DPR Senin (11/5/2009) pukul 10.00 WIB. DPR akan menekankan kemampuan good corporate governance (GCG) dan pengawasan dari dua kandidat tersebut.

"Dua hal penting yang akan ditekankan oleh DPR adalah masalah tata kelola (GCG) dari BI sehingga tidak ada lagi kasus-kasus di BI serta fungsi pengawasan yang hingga kini masih lemah," anggota DPR Komisi XI Dradjad Wibowo ketika dihubungi detikFinance, Senin (11/5/2009).

Dradjad menilai belum kuatnya GCG BI juga menyeret permasalahan di DPR. "Ini salah satu titik lemah yang juga membuat jelek Komisi di DPR," ujar Dradjad.

Sekedar informasi, beberapa kasus korupsi yang melanda mantan pejabat BI menyeret beberapa anggota DPR. Dalam kasus aliran dana BI yang sudah diputus pengadilan tipikor menyatakan mantan gubernur Burhanuddin Abdullah bersalah dan divonis 5 tahun.

Selain masalah GCG, Dradjad juga menekankan kemampuan BI dalam pengawasan perbankan yang masih lemah. Terbukti masih banyak kasus-kasus perbankan seperti Bank Century, Bank IFI.

"Jadi pejabat-pejabat di BI harus mampu melakukan GCG dan pengawasan yang lebih baik sehingga tidak ada lagi kasus-kasus yang muncul yang bisa mengganggu integritas BI," katanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

..WeLCome to My Space..

I want to wholeheartedly and sincerely in the acceptance of giving .. to provide the best for all people including those who hate me .. to respond to live wisely .. I started here ..